Persiapan untuk Usaha Jual Bensin Eceran

Usaha itu tidak perlu yang ribet-ribet, banyak sekali peluang usaha yang bisa kita ambil di sekitar kita, contohnya saja jika kita tinggal di salah satu komplek di pinggir jalan, pastinya banyak kendaraan yang lalu lalang di sekitaran komplek kita, nah dari situ ada peluang usaha yang menguntungkan, salah satunya adalah dengan  menjual bensin eceran.

Modal untuk memulai usaha ini bisa dibilang sangat simpel, kita hanya membutuhkan botol bekas, bisa menggunakan botol bekas minuman keras (itung-itung mengalih fungsikan barang haram ke barang halal) atau bisa menggunakan botol lain yang mampu menampung bensin di kisaran satu-dua liter. Berikutnya adalah tempat untuk menjajakan botol-botol berisi bensin, bisa kita buat sendir menggunakan papan kayu dan ditempelkan ke tembok, atau kalau perlu buatlah tempat mirip seperti kandang ayam namun dengan ruang khususu untuk menyimpan botol bensin dan wajib terlihat dari luar. Perlengkapan tambahan lainnya adalah saringan, pipa pengisian, dan lain sebagainya yang digunakan untuk menopang penjualan bensin eceran.
 
sumber gambar : mataunik.blogspot.com
 
Selain bensin, kita juga bisa menambah barang lainnya seperti oli motor, air acu, oli rantai, dan barang kebutuhan motor atau mobil lainnya. Di tempat saya, dulu ada yang memulai usaha seperti ini dan kini sudah memiliki bengkel motor yang cukup besar, dia memulai dari hal yang kecil dengan kesabaran dan perjuangan dan kini dia sudah mendapatkan hasilnya.

Untuk keuntungan penjualan bensin hitungannya lumayan mudah, harga bensin atau premium di SPBU berkisar Rp 7.400, 00 dan kita masih bisa menjual dengan harga berkisar 8-10ribu tergantung keadaan di sekitar kita, jadi dalam satu botol penjualan bensin eceran kita mampu meraih untung sekitar 600-2.600, dan saya yakin dalam satu hari paling tidak 10 botol bensin eceran mampu terjual yang artinya paling tidak kita mendapatkan keuntungan sekitar 6000-26.000, dan itu jika hanya 10 botol karena dalam satu hari saya sendiri mampu menjual hingga 20 liter lebih, bahkan salah satu penjual bensin eceran di sekitar tempat saya ada yang mampu menjual bensin hingga 100 liter per hari, hitung saja sendiri berapa keuntungannya.

Sebagai seorang yang ingin mendapatkan rejeki halal dan ingin menjadi pengusaha yang jujur, kita tahu bahwa takaran manusia tidak selalu tepat seperti mesin, maka ketika kita menjual bensin eceran alangkah baiknya kita memberitahu kepada pelanggan bahwa bensin yang kita jual adalah takaran per botol bukan per liter dengan alasan kita tidak mempunyai takaran yang benar-benar tepat, saya yakin pelanggan akan memahami keadaan tersebut. Demi keamanan penjualan bensin eceran ini, usahakan hindari rokok dan api di sekitar tempat penjualan bensin, gunakanlah keamanan yang maksimal agar tidak terjadi hal yang buruk.

 
Sumber gambar : nusantara.rmol.co
 
Usaha itu sangat banyak macamnya dan ada di sekeliling kita, yang harus kita lakukan untuk memulai usaha adalah bergerak cepat dan segera mencoba, jangan malu dan jangan minder, sesuatu yang besar selalu berawal dari hal yang kecil.

Wirausahakan Updated at: 4:54 PM

3 komentar:

  1. selamat siang, saya sudah lama menjalankan usaha Pom mini atau pertatamini. menurut agan, adakah tips agar usaha saya semakin berkembang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat atas usahanya gan, semoga sukses.
      saran saya lebih baik agan menambah jenis bisnis lain, karena dari pengamatan saya kebanyakan pengusaha pertamini menambah jenis usaha seperti jualan buah, warung kelontong, counter pulsa, dan lain sebagainya.

      Jika hanya mengandalkan pom mini, maka untungnya minim banget meski ramai pembeli namun berat untuk bisa mendapatkan untung maksimal.

      Delete