Analisa Bisnis Jual-Beli Fanspage Facebook

Di era dunia maya masa kini, banyak sekali bisnis virtual yang bermunculan dan menghasilkan transaksi yang besar dan menguntungkan. Dan salah satu bisnis dunia maya saat ini datang dari jejaring social media terbesar di dunia yaitu facebook. Akhir-akhir ini sangat marak jual-beli berbagai aku FB, baik itu dari akun pribadi, fanspage, bahkan grup FB juga laku dijual. Namun dari beberapa jenis itu, yang paling marak dan berharga adalah fanspage atau halaman facebook yang dikelola oleh satu atau beberapa akun dan disukai oleh banyak pengguna lainnya.

Sebenarnya apa kegunaan fanspage facebook hingga bisa laku dijual? Ini mungkin pertanyaan bagi orang awam yang tidak mengetahui kegunaannya, karena saya dulu juga berfikir seperti itu. FP bisa digunakan untuk media promosi berbagai hal, entah itu politik, jualan, website, dan informasi yang mengandung unsur komersil. Sederhananya saja, jika ada akun fanspage yang punya likers hingga 10ribu, lalu sang pemilik menawarkan baju dan dari 10ribu likers itu ada 100 orang yang membeli, maka FP itu menjadi media yang tepat untuk memasarkan suatu produk.

Harga sebuah fanspage bervariasi tergantung dari jumlah likers, niche atau tipe FP, keaslian likers (karena banyak yang curang menggunakan robot), dan prospek pengembangan FP tersebut untuk potensi bisnis. Ada sebuah perhitungan harga FP (jumlah like x 200 x 75%), namun seiring dengan banyaknya akun yang dijual maka semakin ke sini semakin murah harganya. Kalau dulu, FP dengan likers 1ribu saja bisa laku Rp.100.000, 00, namun kemarin teman saya menjual FP 10ribu like dengan nominal yang sama, cepe ceng aja kenanya.

Bayangkan fanspage yang memiliki like hingga 1juta, kalau dijual mungkin bisa mencapai puluhan juta, dan kalau memiliki banyak FP maka uang bisa mudah didapatkan hanya dengan menjual barang yang tidak ada rupa nyatanya.

Membuat fanspage itu mudah, dengan akun FB kita bisa membuat FP, namun untuk mendapatkan likers yang banyak diperlukan kerja keras dan ketekunan, tentu saja ada trik khusus untuk mendapatkan likers dengan cepat.


Kalau anda adalah pengguna akun facebook dan setelah bertahun-tahun anda aktif di sosmed ini namun tak pernah mendapatkan uang dan keuntungan (selain perhatian dari lawan jenis), maka anda tidak bisa memaksimalkan segala keuntungan yang ada di sekitar anda.

Wirausahakan Updated at: 12:13 AM

1 komentar: