Pengalaman Membuat Akun Paypal dan Penyelesaian Masalah Nama

Paypal merupakan salah satu alat pembayaran yang bisa diibaratkan seperti bank Internasional dan bisa diakses dengan internet, ini merupakan salah satu alat pembayaran yang paling banyak dipakai oleh para pebisnis online saat ini. Berawal dari artikel saya yang membahas seberapa pentingnya paypal untuk bisnis, maka kali ini saya penasaran dan mencoba untuk membuat akun paypal sendiri.
Pada awalnya saya mendaftar paypal dengan mudah, hampir sama seperti pendaftaran akun lain misalnya email, FB, twitter, dan lain sebagainya (kalau anda pernah mendaftar akun email, maka mendaftar paypal tidak berbeda jauh). Kita diharuskan memasukkan nama, id KTP, alamat, no telp, dan lain sebagainya yang harus diisi dengan benar sesuai data identitas.


Namun saya melakukan sedikit kesalahan ketika mendaftar, saat itu saya yang hanya punya 1 nama (tanpa nama belakang), saya malah memasukkan "no name" di form nama belakang pada pendaftaran tersebut. Nah entah kenapa, saya baru sadar ketika akun saya telah dibuat dan sudah bisa dipakai. Saya melihat profil paypal, eh ternyata ada embel-embel "no name" di belakang nama saya.

Awalnya saya pikir itu tidak masalah, namun setelah saya membaca beberapa pengalaman dari orang lain yang ada di internet, itu adalah masalah yang cukup penting karena jika tidak segera diedit maka akun paypal kita tidak bisa digunakan untuk penarikan dana (withdraw) akibat nama yang berbeda. Setelah membaca informasi itu, saya agak panik dan segera mencari informasi untuk membenahi kesalahan saya.

Yang pertama saya masuk ke profil dan mencoba mengedit nama dengan manual, ternyata tidak bisa karena pengeditan manual hanya untuk mengganti 2 huruf saja. Akhirnya saya mengikuti tutorial salah satu blogger dan saya mengunggah foto scan identitas saya (KTP dan SIM), setelah itu saya menghubungi pihak paypal melalui kontak yang ada di homepage mereka.

Saya menulis permohonan penggantian nama karena kesalahan, waktu pertama saya kirimkan menggunakan bahasa Indonesia, ternyata lama sekali tidak direspon, kemudian saya menuliskan lagi memakai bahasa inggris yang ala kadarnya dan akhirnya setelah menunggu 2 hari ada balasan dari paypal melalui email dan pemberitahuan di beranda.

Ternyata saya salah lagi waktu pengeditan nama ini, nama belakang tetap tidak boleh kosong karena harus diisi. Ada 3 opsi pilihan yang bisa saya ambil, yang pertama dengan memisahkan nama saya jadi 2 suku kata (misalnya nama warno jadi war & no), yang kedua mengisi form nama belakang dengan tanda "," atau ";", dan yang ketiga saya agak lupa. Kemudian saya mengupload foto KTP lagi dan mengajukan perubahan lagi dengan mengganti nama belakang yang salah isi "no name" dengan tanda baca "," dan sekitar 2 hari ada pemberitahuan bahwa nama sudah diganti.


Yah begitulah pengalaman pertama saya dalam membuat akun paypal dan melakukan kesalahan saat pengisian nama, namun meski menyusahkan bagi saya, itu adalah pengalaman yang berharga dan dapat saya bagikan di sini untuk anda. Kalau kalian kesulitan dalam mengganti nama, silakan hubungi admin paypal melalui kontak telepon yang ada di halamannya atau kirim pesan melalui form pesan.

Wirausahakan Updated at: 7:51 PM

0 komentar:

Post a Comment