Cara Paling Mudah Membuka Bisnis Dengan Modal 20 Juta

Sebelumnya saya sudah menuliskan pengalaman ketika membuka toko dengan modal 2 juta, pengalaman tersebut sebenarnya adalah curhatan saya dalam memulai usaha. Meski hanya pengalaman biasa, ternyata respon dari pembaca sangat positif dan sebagian dari mereka ada yang terpacu untuk bisa memulai usaha dengan modal yang minim sekalipun.
Kali ini saya ingin mencoba menuliskan cara membuka bisnis baru dengan modal 20 juta, saya memiliki pengalaman ini dan saat ini sedang menjalankan usaha tersebut. Sebelumnya saya juga pernah mencoba membuka usaha baru dengan modal sebesar itu, Alhamdulillah bisa berjalan meski di tengah jalan ada masalah karena saya melakukan kerja sama dengan orang lain, komitmen yang kami pegang tidak berjalan lancar karena keadaan yang sulit diterima oleh masing-masing pemodal.


Alasan saya memilih nominal 20 juta karena menurut saya, sebenarnya dengan modal 20 juta sudah sangat cukup untuk memulai sebuah bisnis yang bisa dikatakan "berdiri" meski masih goyah. Pondasi awal sebuah usaha sudah diwakilkan dengan modal 20 juta ini, dengan pembagian 50:50, yang artinya 50% untuk tempat dan perlengkapan, dan 50% lagi untuk modal produk yang hendak kita isikan ke dalam tempat usaha itu.

Usaha apa yang kira-kira cocok dengan modal 20 juta?
Sebenarnya sangat banyak jenis usaha yang cocok dengan modal sebesar itu, mulai dari toko kelontong, toko perlengkapan khusus (ATK, helm, motor, bengkel, dll), bisnis kuliner, bisnis jasa, dan lain sebaginya. Bukan masalah bisnis apa yang hendak kita jalankan, namun bagaimana kita bisa menjaga komitmen di awal usaha, itulah salah satu hal yang membuat bisnis bisa bertahan.
Bagaimana memulai usaha tersebut?
Untuk bisa memulai bisnis ini, anda harus melangkah, artinya jangan terlalu lama mikir dan jangan terlalu banyak rencana. Melangkah saja dan nikmati proses demi proses yang akan anda lalui, jika ada masalah hadapilah, jika ada kesulitan carilah solusinya, jika rencana awal melenceng perbaikilah, dan bergerak terus agar bisnis yang sudah jalan bisa kokoh.

Dengan modal 20 juta, usahakan anda bisa mendapatkan tempat bisnis di tempat yang strategis dengan modal di bawah 10 juta (50%). Saya yakin masih banyak kios, ruko, toko, atau apalah namanya yang bisa disewa di bawah 10 juta per tahun, karena saya pernah menemui sebuah lapak di Jakarta yang harga sewanya segitu. Sisanya anda belikan perlengkapan untuk menampung produk di dalam toko, jangan terlalu banyak perlengkapan, gunakan imajinasi anda untuk bisa membuat display toko yang nyaman dan enak dipandang.


Ketika tempat sudah siap, silakan anda isi dengan produk-produk yang hendak anda jual. Misalnya jika anda membuka toko kelontong, mulailah mengisi produk yang dibutuhkan setiap hari oleh warga sekitar, bisa beras, minyak, kopi, gula, atau apalah yang kira-kira selalu dibutuhkan oleh orang. Hal ini penting agar bisnis anda bisa berjalan di awal dengan modal yang pas-pasan.

Tips menjalankan usaha yang minim modal
Saya adalah orang memulai usaha dari 0, bahkan mungkin minus. Di awal memulai usaha, saya adalah orang yang pesimis, tidak tahu informasi, tidak punya relasi, dan jangan tanya modal awal usaha saya karena saat itu untuk beli jajan saja saya masih minta sama orang tua. Artinya, saya memulai dari posisi terbawah dan dengan memegang erat komitmen dalam bisnis, saya bisa bertahan meski sebenarnya berkali-kali saya mengalami kesulitan yang hampir membuat putus asa.


Saran saya untuk kalian yang sudah punya ide bisnis namun terhambat modal, ada baiknya kalian jangan buru-buru meminjam uang ke bank. Coba cari pemodal terlebih dahulu, ajak bekerja sama dan buatlah relasi bisnis yang saling menguntungkan, dan ingat agar janga takut kalau kelak sukses bisnisnya diklaim oleh pemilik modal, anda sudah dapat ilmunya, tinggal mulai lagi dari 1 dan bukan 0.
 
Tips sukses memaksimalkan modal yang ada
Banyak sekali tips bisnis yang ada dan dibagikan secara cuma-cuma oleh para orang sukses, sayangnya kita hanya membacanya dan enggan mengamalkannya. Dengan modal usaha yang minim, fokus pada usaha tersebut selama kurang lebih 3 tahun, jangan biarkan usaha itu sampai bangkrut selama jangkan waktu tersebut. Tidak usah memikirkan keuntungan terlebih dahulu, keuntungan akan datang dengan sendirinya kalau anda bisa bertahan dalam bisnis yang anda jalankan. Tetap sabar, tetap berusaha, jangan lupa berdo'a, dan jangan berhenti untuk belajar.

Wirausahakan Updated at: 9:33 PM

0 komentar:

Post a Comment