Tips Sukses Bisnis Retail / Eceran yang Menguntungkan

Bisnis retail atau eceran merupakan salah satu jenis usaha yang pelakunya menjadi jaringan akhir dalam rantai bisnis, artinya sang pelaku bisnis retail langsung berhubungan dengan para masyarakat sebagai konsumen. Contoh paling mudah untuk bisnis retail adalah warung kelontong di tempat anda, lalu ada mini market, dan ada pula super market.


Saat ini banyak orang yang memilih bisnis retail untuk dijadikan pilihan usahanya, namun hanya sebagian kecil saja yang bisa menikmati hasil maksimal, dan kebanyakan yang lain hanya mengalami masalah dengan bisnisnya.

Dari pengalaman saya, kalau ingin sukses dalam bisnis retail, maka pelajarilah sistem bisnis dari mini market atau super market. Kalau di desa yah siap-siap saja jadi gunjingan orang yang berkata "itu orang pelit banget sih, mau ngutang aja gak boleh!". :P

Beberapa tips agar anda bisa sukses dalam bisnis retail :
  • Mulailah dengan keahlian dan pengetahuan dalam sistem bisnis retail, paling tidak anda bisa menentukan harga, melayani pelanggan, dan mengurusi stok barang yang anda punya.
  • Bekerja keraslah, karena dalam bisnis ini mau tidak mau kita harus melayani pelanggan langsung yang jumlahnya banyak. Kalau punya karyawan sih bodo amat, tapi kalau masih berjuang dari bawah yah mau tidak mau harus terjun langsung.
  • Usahakan tempat jualan yang strategis dan dapat dijangkau dengan mudah oleh orang lain. 
  • Display tempat jualan dengan nyaman dan profesional, jangan menggantung barang dagangan seperti di warung tradisional.
  • Promosi secara berkala, yang namanya bisnis harus dipromosikan agar dikenal oleh orang lain. Terkadang saya menemui salah satu toko retail yang tak pernah promosi karena menganggap sudha tenar, kalau ada yang buka lagi dan lebih profesional pasti kalah saing deh.
  • Hindari hutang!!!! Ini yang penting dalam bisnis retail, kebanyakan pedagang merugi dan bangkrut karena hutang yang berkelanjutan dari pelanggan. Jangan biarkan pelanggan anda senang berhutang, contoh tuh minimarket sama supermarket.
  • Berikan harga yang murah, pelayanan bagus, dan berikan diskon atau hadiah kecil agar pelanggan betah dan senang belanja di tempat anda.
  • Jadikan bisnis anda profesional, misalnya saja dengan memberikan daftar harga di barang jualan anda, memberikan nota pembayaran, menyediakan komputer dengan sistem lengkap, kalau perlu kasih cctv atau ac sebagai penambah fasilitas.
  • Sediakan tempat parkir dan tempat nongkrong, ini salah satu tips yang saya pelajari dari beberapa minimarket, biasanya mereka menyediakan tempat duduk di luar dan jualan kopi seduh juga.
  • Lakukan perhitungan dengan cermat, jangan sampai modal anda habis perlahan karena diambil tanpa sepengetahuan anda karena salah dalam perhitungan usaha.
Itulah sedikit informasi tentang kiat sukses dalam bisnis retail atau eceran, anda bisa sukses dalam bisnis ini dalam waktu yang singkat, kenapa? Minimarket sudah membuktikannya bukan!

Wirausahakan Updated at: 12:26 AM

0 komentar:

Post a Comment