Analisa & Tips Bisnis Jual-Beli Ebook

Ebook (Electronic Book) merupakan kumpulan informasi penting yang berupa tulisan, gambar, data, dan hal lain yang dikumpulkan menjadi buku elektronik atau buku digital. Produk yang satu ini lebih praktis jika dibandingkan dengan buku cetak, apalagi biasanya terdapat pula alamat website yang berhubungan dengan informasi yang ada di dalamnya. Biasanya ebook dibuat dengan format PDF, disusun dengan rapi dan mudah dibaca, serta isinya penting dan rahasia.


Saat ini bisnis jual-beli ebook merupakan salah satu jenis bisnis online yang paling populer di kalangan Imers, tentu saja karena prospek keuntungannya yang cukup besar. Dari pengalaman saya, biasanya ebook-ebook yang masih baru dibandrol dengan harga di kisaran Rp 100.000, 00 saja, namun nyatanya penjualan ebook ini bisa mencapai ribuan jumlahnya. Jadi omset yang bisa dihasilkan bisa saja mencapai ratusan juta hanya dengan penjualan ebook.

Salah satu penjual ebook yang saya kenal pernah menceritakan kisahnya, dia membuat ebook yang isinya adalah panduan lengkap membuat blog dan mendapatkan uang melalui program periklanan yang ada di internet. Harga ebooknya di kisaran 100 ribu, dan hanya dalam kurun waktu beberapa bulan saja, dia mampu meraup omset hingga 20 jutaan.

Beberapa ebook biasanya berisi tentang tips, trik dan rahasia yang dimiliki oleh sang penulis, tergantung dengan topik apa yang dibahas. Misalnya dalam topik kesehatan, bisnis, bisnis online, dan topik lain. Dan kebanyakan penulisnya adalah orang yang sudah dianggap master, paling tidak penulisnya sudah punya pengalaman banyak dalam bidangnya itu. Jadi jika anda masih newbie dan minim informasi, maka sebaiknya jangan memaksakan untuk membuat ebook sendiri.

Untungnya kini banyak program afiliasi yang menyediakan kesempatan bagi kita untuk ikut dalam bisnis jual-beli ebook, misalnya saja yang terkenal adalah clickbank, situs afiliasi yang menyediakan kesempatan untuk para blogger ikut memasarkan produknya yang berupa ebook atau aplikasi. Dengan adanya program ini maka kita tidak perlu repot lagi membuat ebook untuk bisa menjualnya, dan lagipula komisi yang bisa diterima dari bisnis ini cukup menggiurkan, bisa saja anda mendapatkan komisi 50 ribu bahkan hingga ratusan ribu tergantung dengan produk yang terjual.

Untuk mempromosikan ebook, kita bisa memakai blog, akun sosial media, atau bahkan dengan menawarkan langsung kepada orang lain. Tentu promosi produk digital ini punya trik khusus, paling tidak anda tahu isinya dan pintar menawarkan agar orang lain tertarik dengan isi di dalamnya.

Jika saat ini anda adalah seorang yang ahli dengan bidang yang anda jalani, misalnya saja peternakan atau pertanian, tak ada salahnya anda mencoba membuat ebook yang berisi pengetahuan dan informasi bermanfaat yang bisa anda bagikan kepada orang lain. Siapa tahu laku dan membuat anda menjadi jutawan dengan ilmu yang anda miliki.

Wirausahakan Updated at: 2:36 AM

0 komentar:

Post a Comment