Tips Mudah untuk Bertahan saat Bisnis Terpuruk dan Hampir Bangkrut!

Tahun 2017 ini merupakan salah satu tahun yang terbilang sangat berat untuk para pengusaha, entah itu mereka yang baru memulai maupun mereka yang sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis. Daya beli masyarakat menurun drastis, harga barang mahal, persaingan semakin ketat, dan berbagai masalah lainnya yang terus menerus terjadi di Indonesia.


Saya sudah melihat beberapa orang teman yang sebelumnya membuka usaha baru kini mulai menutup bisnisnya, mereka bangkrut dengan waktu yang sangat singkat. Bagaimana nasib mereka yang sudah lama berbisnis? Tidak berbeda jauh! Di media sudah diulas tentang banyaknya bisnis besar yang juga tumbang akibat efek yang terjadi di tahun 2017 ini.

Saya sendiri mengalami efek ini dan saat ini sedang dalam masa yang terbilang cukup sulit, lalu bagaimana saya bisa bertahan dalam menghadapi situasi terburuk dalam bisnis yang siap membuat saya bangkrut?

1. Saya bersyukur atas apa yang Tuhan berikan
Seberapa hancur bisnis anda saat ini? Apakah sudah bangkrut dan tutup atau hanya sekedar minus pemasukan dan nambah pengeluaran saja?! Cara paling mudah untuk bertahan dalam situasi yang sulit adalah bersyukur dan bersabar.

Saya mensyukuri nikmat Tuhan yang ada, saya melihat ke bawah dan masih banyak orang yang belum sampai pada titik dimana saya berada saat ini. Dengan cara itu, saya enggan untuk mengeluh dan tetap berusaha untuk bisa memperbaiki keadaan.

2. Saya mencoba bisnis lainnya
Bisnis yang saya jalankan sedang terjebak dalam posisi tidak menguntungkan, hampir tidak menghasilkan keuntungan yang saya butuhkan. Jika saya berhenti maka saya kalah, jika saya teruskan maka saya semakin rugi.

Saya memilih untuk mencoba bisnis lainnya yang bisa memberikan tambahan penghasilan untuk saya pribadi. Apa saja yang bisa dapat uang halal saya ambil dan saya jalankan, yang penting bisa terus menjalani hidup dan bisnis saya juga jalan.

3. Saya mengingat kembali masa-masa awal usaha
Kenapa harus ditutup saat susah? Dulu saya memulai bisnis dari 0 dengan susah payah, ini sudah jadi dan tinggal dijalankan saja kok nyerah?! Enggak ada kata nyerah dalam hidup ini, selama masih ada kesempatan meski susah, maka itu yang harus diperjuangkan.

4. Saya yakin semua akan membaik
Dulu saya pikir akan kesulitan membangun bisnis karena tidak punya modal, namun Tuhan memberikan jalan untuk hal itu. Nah sekarang bisnis lagi susah, apa kira-kira Tuhan meninggalkan kita? Tentu saja tidak! Saya yakin Tuhan akan memberikan jalan-Nya untuk kita memperbaiki yang rusak, memberikan yang baru, menambah yang disyukuri.

5. Bisnis adalah pelajaran hidup sesungguhnya
Sekarang saya bisa menceritakan pada pengusaha yang masih baru, saya bisa mengatakan kepada mereka bahwa bisnis ini kejam, tidak seperti harapan manis mereka. Jika mereka masih ngotot untuk memulainya, saya yakin mereka punya peluang untuk suskses pula dalam bisnis.

Wirausahakan Updated at: 9:26 PM

0 komentar:

Post a Comment