10 Jenis Burung Kicau Paling Mahal dan Populer yang Cocok Untuk Bisnis

Burung menjadi salah satu komoditi bisnis yang paling berharga saat ini karena harganya yang terus meningkat dengan peminat yang semakin banyak. Burung dipeliharan dan diternakkan dengan 2 alasan, yang pertama sebagai burung kicau yang suaranya merdu dan yang kedua sebagai burung hias dengan bentuk dan bulu yang indah.


Ada banyak sekali jenis burung di Indonesia, namun sebagian tidak punya nilai jual yang tinggi dan sebagian lainnya dilindungi oleh pemerintah karena jumlahnya yang terbatas.

Nah kali ini saya akan memberikan daftar jenis burung kicau bernilai jual tinggi dengan harga termahal di pasaran yang bisa menjadi salah satu investasi berharga kalian di rumah. Apa saja burung paling mahal dan populer di pasaran saat ini?

1. Lovebird
Burung kecil yang satu ini sudah lama menjadi idola para pecinta burung, bentuknya yang kecil dengan bulu indah dan suaranya yang menggema membuatnya jadi idola di kalangan pecinta burung. Untuk harga burung lovebird dengan kualitas standar ada di kisaran Rp 100-500 ribuan. Untuk harganya sendiri tergantung jenisnya, yang cukup bernilai jual tinggi diantaranya lovebird lutino, batman, blorok dan lainnya.

2. Kenari
Nama ilmiahnya adalah Serinus Canaria, berasal dari kepulauan Canary. Harga burung ini di kisaran Rp 200-400 ribu, namun untuk jenis Yorkshire F2 dan F1 bisa mencapai jutaan rupiah. Banyak orang yang memelihara burung kenari sebagai hiasan di rumah, peminatnya juga semakin banyak sehingga harganya terbilang stabil.

3. Pleci
Ada yang menyebutnya percit atau burung kacamata, burung yang satu ini sebenarnya sudah terkenal sejak lama namun saat ini harganya mulai meningkat tajam karena banyak peminatnya. Pleci sendiri punya banyak jenis, harganya pun beragam, namun di pasaran kamu bisa mendapati burung ini mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu.

4. Murai
Dikenal pula dengan nama Shamas, burung ini punya banyak jenis seperti murai batu, murai janggut dan lainnya. Warnanya kurang begitu menarik, namun suaranya yang indah membuatnya jadi idola. Di pasaran, harga Murai bisa mencapai jutaan rupiah untuk burung yang sudah jadi dengan suaranya yang indah.

5. Jalak
Jalak merupakan salah satu jenis burung yang banyak dikenal publik, bahkan untuk beberapa jenis sudah masuk dalam kategori hewan yang dilindungi. Namun beberapa jenis lain masih diperbolehkan untuk dijual dengan catatan harus lengkap dengan gelang di kakinya (menurut salah satu teman saya). Harga burung yang satu ini lumayan mahal, bisa mencapai jutaan rupiah dan menjadi salah satu komoditi burung paling dicari oleh kolektor.

6. Kacer
Nama lainnya adalah Magpie Robin, kicauannya nyaring dan sering memenangkan kontes lomba burung. Bentuknya memang biasa saja namun dengan suara yang wow, membuatnya diburu banyak kolektor untuk dijadikan jagoan lomba. Harganya stabil di kisaran 300-700 ribuan, tergantung kondisi dan sertifikat lomba yang pernah diikutinya.

7. Cucak Rowo
Burung asal Asia Tenggara ini merupakan salah satu jenis burung yang susah dicari saat ini, hal tersebut tak terlepas dari banyaknya peminat dan mahalnya harga burung yang satu ini. Untuk cucak rowo yang biasa mungkin bisa didapatkan dengan harga ratusan ribu, namun untuk cucak ijo Sumatera bisa mencapai harga jutaan rupiah.

8. Kolibri
Kecil-kecil cabe rawit, burung yang satu ini punya bulu yang indah dan aktif bergerak, suaranya juga bagus apalagi yang sudah gacor. Jangan kaget jika harganya bisa mencapai jutaan rupiah dan burung yang satu ini banyak dibudidayakan oleh para peternak karena peminatnya semakin banyak.

9. Beo
Dari dulu sampai sekarang, Beo menjadi salah satu burung yang punya kelas. Burung besar dengan paruh yang khas ini punya bulu yang indah dan suara yang unik, harganya semakin melambung tinggi mengingat sulitnya mendapatkan burung jenis ini di pasaran.

10. Kakak Tua
Mungkin sebagian dari kita hanya tahu burung yang satu ini dari lagu anak-anak saja, namun sebenarnya burung unik yang satu ini punya harga jutaan. Beberapa jenisnya seperti Goffin, Jambu kuning dan raja adalah jenis kakak tua yang banyak dicari di pasaran.

Itulah 10 jenis burung dengan kualitas ok yang punya nilai jual tinggi di pasaran, kamu bisa memeliharanya sebagai investasi atau menjadikannya komoditi bisnis yang menguntungkan.

Wirausahakan Updated at: 7:32 PM

0 komentar:

Post a Comment