Ranking Marketplace/Toko Online Terburuk Menurut Aduan YLKI

Mungkin anda sering bertanya-tanya, toko online terbaik di Indonesia saat ini yang mana? Apakah Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau yang lainnya. Sebenarnya masing-masing marketplace punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Tentu anda tidak dapat menilai kualitas suatu toko online hanya dari harganya saja, pasalnya banyak lapak di marketplace yang memberikan harga terlalu murah sehingga perlu dicurigai.

Jika dilihat dari peringkat di Alexa atau startuprank, maka Tokopedia ada di nomor 1 sebagai marketplace terbaik untuk belanja daring. Namun itu juga tak bisa jadi bahan acuan utama untuk menyebutnya sebagai yang terbaik.

Dikutip dari CNN, YLKI memberikan data tentang aduan masyarakat tentang layanan belanja daring dimana di tahun 2017 ada sekitar 101 aduan yang dialamatkan ke YLKI mengenai kinerja marketplace dalam melayani para pembelinya.

Jika menilik dari aduan masyarakat, maka bisa didapat ranking marketplace dengan kualitas yang kurang baik sebagai berikut :
  1. Lazada : 11 aduan
  2. Akulaku : 14 aduan
  3. Tokopedia : 11 aduan
  4. Bukalapak : 9 aduan
  5. Shopee : 7 aduan
  6. Blibli : 5 aduan
  7. JD.ID : 4 aduan
  8. Elevania : 3 aduan
  9. Toko online pribadi : 8 aduan
  10. Sosmed : 6 aduan
Jika menilik dari data di atas maka bisa dikatakan Lazada sering mendapat aduan dari masyarakat, biasanya terkait kualitas produk dan proses pengiriman yang lama (bahkan mungkin tidak sampai ke tangan pembeli).

Namun masalah aduan ini juga bisa menjadi salah satu hasil yang membuktikan banyaknya orang yang belanja di marketplace tersebut. Misalnya saja, Lazada, Tokopedia dan Bukalapak bisa dikatakan sebagai 3 besar marketplace yang cukup berjaya di Indonesia.

Semoga dengan adanya aduan dari masyarakat itu bisa menjadi bahan perbaikan dari masing-masing perusahaan agar pelayanan yang diberikan semakin baik ke depannya.

Wirausahakan Updated at: 2:16 AM

0 komentar:

Post a Comment