'Bisnis vs Hobi' Mana yang Lebih Baik? Simak Pengalaman Saya!

Banyak orang yang berkata bahwa pekerjaan atau usaha yang paling menyenangkan adalah hobi yang dapat menghasilkan uang untuk pelakunya. Namun pertanyaan saya, bisakah pecinta hobi tersebut merubah sistemnya dari yang awalnya hanya untuk kesenangan bisa jadi sebuah bisnis?


Saya punya 2 pengalaman dengan rekan bisnis dan saudara saya sendiri, pengalaman ini sangat berhubungan erat dengan apa yang saya tulis dalam artikel ini.

Yang pertama adalah rekan bisnis saya yang terbilang cukup sukses mulai dari toko miliknya yang kini punya banyak pelanggan tetap, lalu dia masih bekerja di salah satu kantor besar, istrinya masih jualan dan belum lama ini dia mengatakan bahwa dia sedang bekerja sama dengan tetangganya untuk memulai bisnis budidaya ikan lele.

Saya sangat terkejut mendengarnya karena saya tahu dia tak punya skil untuk memelihara ikan lele dan yang membuat saya yakin bahwa bisnisnya bisa berkembang adalah karena dia punya jiwa bisnis yang baik.

Ternyata teman saya mengeluarkan banyak modal untuk membeli terpal, menyediakan lahan, membeli benih ikan lele dan menggaji tetangganya yang lebih paham dengan ikan untuk memelihara dan mengolah bisnisnya. Hasilnya hampir tiap 2 minggu sekali dia bisa panen ikan lele dengan keuntungan yang lumayan besar (tanpa harus bekerja keras karena dia sudah menggaji orang lain untuk mengerjakannya).

Pengalaman kedua adalah saudara saya sendiri yang sudah bertahun-tahun punya kolam ikan lele di belakang rumah, namun tak pernah saya mendengar dia mendapatkan untung dari ikan lele yang dipeliharanya selama ini.

Dia ingin membeli benih ikan lele dan tak punya uang sehingga meminjam pada saya, namun sebelum saya berikan uang pinjaman itu, saya tanya dulu apakah dia punya konsep bisnis yang bisa membuktikan bahwa dengan memelihara lele bisa menghasilkan keuntungan?

Bukannya menjelaskan pertanyaan saya, dia malah marah karena dia pikir saya enggan meminjamkan uang kepadanya, hahahaa.

Saya bertanya seperti itu karena selama ini dia tak pernah untung jika memelihara lele, padahal dia seharusnya lebih pengalaman dalam memelihara ikan lele ketimbang teman saya. Nyatanya keahlian kalah dengan semangat dan jiwa bisnis seseorang.

Bisa anda bandingkan? Seorang yang tak punya bakat dan hobi dalam budidaya ikan lele bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dalam waktu singkat, namun yang sudah bertahun-tahun memelihara ikan lele malah tak pernah mendapatkan untung.

Semua itu kembali kepada sistem bisnis yang mereka pegang dimana teman saya mau mengeluarkan uang banyak namun sudah diperkirakan dan direncanakan ke depannya apakah akan untung, apakah prospek, apakah bisa berkembang dan lain sebagainya. Sedangkan saudara saya yang tidak punya jiwa bisnis tetap saja menjalankan hobinya memelihara ika lele dimana kalau ikan itu besar dan bisa dimakan maka sudah membuatnya senang, padahal dia punya peluang untuk sukses di dalam hobinya itu.

Untuk bisa mengubah hobi menjadi sebuah sumber penghasilan bukan hal yang mudah karena itu sama saja harus hijrah dari yang awalnya hanya kesenangan untuk dirubah jadi bisnis yang serius dan menghilangkan faktor kesenangan semata saat menjalankan hobi.

Wirausahakan Updated at: 7:50 PM

0 komentar:

Post a Comment