Cara Mendapatkan Modal untuk Buka Usaha

Kalau mau membuka usaha, pasti jawaban awal adalah MODAL!, dan itu adalah jawaban hampir 80% orang, dan selebihnya ada yang menjawab keahlian, relasi, dan lain sebagainya. Jawaban itu sebenarnya adalah alasan yang digunakan untuk menutupi ketidakmampuan kita untuk membuka usaha, saya juga pernah mengalaminya kok. Nah berikut ini saya akan mencoba memberikan beberapa gambaran sumber modal yang mungkin bisa anda dapatkan :
  • Meminjam uang ke Bank! Salahkah melakukan cara ini untuk mendapatkan modal guna memulai usaha? Jawabannya ada pada diri anda sendiri masing-masing. Kalau saya si gak akan merekomendasikan untuk anda.
  • Meminjam kepada saudara! Saya hingga saat ini melakukan cara ini untuk mendapatkan modal, namun tentu saja saya orang yang tau diri, bukan hanya meminjam loh, saya berbagi keuntungan dengan saudara saya kok, jadi kami sama-sama untung.
  • Meminjam modal kepada orang kaya! Mungkin tetangga anda adalah orang kaya, dan anda memiliki pikiran untuk meminjam modal kepadanya guna membuka usaha, pertanyaannya adalah apakah anda sudah memiliki proposal dan perhitungan keuntungan untuk ditunjukkan kepada orang tersebut? Jika belum, maka 80% anda akan mendapatkan penolakan darinya.
  • Memulai dari 0! Ini saya juga pernah melakukannya, awalnya saya jadi kuli, yang penting dapat uang dulu, terus sedikit demi sedikit mengumpulkan modal dan bammmm! Saya mulai usaha saya dari 0 lagi dengan modal seadanya. Jika anda menggunakan cara ini, maka rasa jenuh dan putus asa yang harus anda lawan, karena membutuhkan waktu yang lama dan kesabaran yang tinggi.
  • Bekerja untuk mendapatkan modal usaha! Ini sudah pernah saya tuliskan, tinggal anda cermati saja.
Sebenarnya si masih banyak cara untuk mendapatkan modal, namun saya menuliskan beberapa saja karena itu yang saya alami dari awal memulai usaha. Namun perlu diingat bahwa modal terbesar dalam dunia usaha adalah anda sendiri! Pahami saja kata-kata itu nantinya anda akan menemukan jalan jika memang anda niat untuk membuka usaha.

Wirausahakan Updated at: 8:54 PM

0 komentar:

Post a Comment