Cara Mengubah Hobi Fotografi Menjadi Sumber Penghasilan

Waktu memasuki pertengahan masa kuliah, teman-teman saya mulai memiliki hobi baru, yah mereka memiliki hobi fotografi yang kemudian menular kepada beberapa mahasiswa lainnya. Saya yang memang tidak terlalu menyukai hobi ini hanya bingung, teman-teman saya rela membeli kamera dslr dengan harga jutaan dan digunakan untuk foto-foto saja.

Namun setelah beberapa bulan mereka menjalankan hobinya, bukannya bosan malah tambah menggilai hobi ini, bahkan sebagian ada yang mengesampingkan urusan kuliahnya. Ternyata setelah saya telisik, mereka bisa mendapatkan pundi-pundi Rupiah hanya dari hobinya itu, wow sejak saat itu saya mencoba mencari informasi bagaimana mengubah hobi fotografi menjadi sumber penghasilan.

Beberapa cara menghasilkan uang dari hobi fotografi :

Menjual foto melalui situs online
Ada beberapa situs online yang mau menampung foto anda dan menawarkannya kepada beberapa pelanggan yang membutuhkan dan menyukai foto anda, situs-situs yang bisa anda jadikan tempat untuk menjual foto diantaranya adalah Fotolia, Getty Image, iStockPhoto, Shutterstock, Bigstock, eBay, Veer, Alamy, Crestock, 123RF, Imagekind, dan lain masih banyak lagi situs lain yang bisa dijadikan sebagai media promosi foto jepretan anda.



Menjual Jasa Fotografi
Kalau anda kurang suka menjual foto secara online, anda masih bisa menjual jasa anda kepada beberapa orang yang membutuhkan. Saya kurang paham dalam bisnis fotografi, namun teman saya memiliki sebuah cerita bagaimana dia bisa mendapatkan uang dari hobinya itu, salah satu cara yang dia pakai adalah dengan bergabung ke dalam forum atau perkumpulan para fotografer, nah dari situ dia sembari belajar teknik fotografi dan mulai ikut dalam beberapa event fotografi, misalnya acara prewedding, pernikahan, dokumentasi, foto keluarga, dan lain sebagainya.

Usut punya usut nih, dalam satu kali event saja, biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan bisa mencapai 1juta lebih, dan hanya dibagi kepada 3-4 orang fotografer yang bekerja, dari situ teman saya bisa menyalurkan hobinya hingga mendapatkan uang ratusan ribu sekali sesi pemotretan. Jika sudah ahli, banyak sekali peluang untuk menjadikan hobi ini menjadi usaha anda, mulai dari studio foto, bisnis jual beli kamera, dan lain sebagainya.

Menjual Keahlian Anda kepada fotografer Amatir
Ilmu adalah harta yang sangat berharga, bayangkan jika anda sudah mahir dalam dunia fotografi dan ada beberapa fotografer muda yang menjadikan anda sebagai guru, cukup buka pikiran anda dalam urusan bisnis, ajak beberapa pemula dan berikan ilmu serta biaya pendidikan, maka keahlian anda akan berguna kepada orang lain, dan tentunya anda akan mendapatkan uang dari pengajaran itu, yups apa sih yang gak bisa dijadikan uang.


Sebetulnya masih banyak cara menjadikan hobi fotografi menjadi sumber uang, namun jujur saya hanya memiliki beberapa pengalaman dari hobi ini karena saya tidak terlalu menyukai dan mendalaminya, saya hanya tahu sedikit informasi dari pengalaman dan beberapa berita yang saya baca.

Fotografi adalah hobi yang mahal, tentunya hasil dari hobi ini juga besar, itu juga kalau bisa meng-uang-kan, so bukan masalah hobinya yang harus dipikirkan, namun bagaimana kita bisa merubah hobi dan kesenangan kita menjadi pundi-pundi Rupiah, ini semua tentang sistem.

Wirausahakan Updated at: 9:33 PM

0 komentar:

Post a Comment