Tanpa Keahlian & Modal Besar, Pria ini Sukses Berbisnis Service Elektronik

Apa yang akan anda lakukan ketika anda mendapatkan ide peluang usaha tentang service alat elektronik, namun anda sendiri tak memiliki keahlian service, tak memiliki modal yang cukup besar untuk langsung mempekerjakan para teknisi dan membangun usaha ini, dan tentunya anda tak memiliki relasi di bidang ini?. Apakah anda akan menyerah? Pria ini punya solusinya!

Seorang karyawan kantoran di PHK perusahaannya karena perusahaan itu mengalami masalah, dia hanya mendapatkan beberapa juta sebagai uang pesangon dari perusahaan. Keadaannya saat itu juga tidak mudah, dia memiliki istri dan anak dengan keadaannya yang menganggur dan sulit mencari kerja baru. Dia melirik usaha service elektronik, namun dengan kendala modal dan keahlian yang membuatnya sempat akan mundur. Beberapa malam dia habiskan untuk mencari informasi di internet, dia butuh uang untuk keluarganya, dia juga ingin membuka usahanya, dan memang Allah bersama hamba-Nya yang mau berusaha, setelah dia berdo'a dan berusaha, akhirnya dia mendapatkan jalan keluar dari permasalahannya tersebut.

Pria ini melakukan hal standard yang bisa dilakukan oleh semua orang, dia mendatangi beberapa tukang service alat elektronik dan mengajak mereka bekerjasama, dia akan mencarikan orang-orang yang memiliki alat elektronik rusak dan membawanya ke tukang service itu, masalah bayaran dia hanya mengambil 30% dari total biaya service. Dan untuk mendapatkan pelanggan, dia hanya membuat sebuah blog untuk menjaring orang-orang yang mencari informasi tentang tempat service di daerahnya, lalu dia menambah promosi lewat beberapa situs jual-beli, dan media sosial yang biasanya hanya dia pakai untuk berkeluh kesah saja. Satu minggu adalah waktu yang dia butuhkan untuk mendapatkan pelanggan pertama yang datang melalui blog-nya, kemudian menghubunginya dan menyerahkan TV rusak yang dia miliki untuk diperbaiki. Sang pria kreatif ini langsung membawa TV itu ke tukang service yang sebelumnya dia ajak kerjasama, dalam satu hari TV itu sudah beres dan dia langsung mengantarkan ke pelanggan, bayaran sudah di tangan walau dia hanya mendapatkan sedikit saja.

Hanya dalam beberapa bulan saja, dari hasil tabungan sisa tips dari pelanggannya, pria ini sudah mampu membuka usahanya sendiri dan menarik tukang service langganannya untuk menjadi karyawan tetapnya, keuntungan kotor dari usaha service-nya itu mencapai 30juta per bulan dan dia memiliki sebuah toko service elektronik dengan 5 orang karyawan yang siap memperbaiki alat elektronik. Kini dia sedang mengembangkan bisnisnya itu untuk menyediakan beberapa onderdil yang biasa digunakan oleh tukang service, semoga lancar bos!

 
sumber gambar : tokopedia

Usaha adalah sebuah ide, banyak sekali jenis usaha, banyak sekali pengusaha yang sukses tanpa memiliki modal, tanpa memiliki keahlian khusus, lalu kenapa mereka bisa sukses? Mereka punya niat, mereka mau berusaha mencari jalan, mereka berdoa kepada Tuhannya, dan mereka membuktikan bahwa mereka bisa sukses. Jadilah orang pintar agar tidak lama berjalan kaki!

Wirausahakan Updated at: 10:24 PM

0 komentar:

Post a Comment