Kisah Teman yang Mendapat Untung Berlipat dalam Bisnis Burung Kicau

Beberapa waktu yang lalu di pertengahan 2015 ada sebuah musim dimana hampir seluruh warga Indonesia menjadi seorang penghobi burung kicau, hal ini membuat harga burung kicau melonjak tajam dan menjadi sangat mahal. Banyak sekali orang yang akhirnya memelihara burung di rumahnya, membeli burung dengan harga yang sangat mahal, merawatnya dan menikmati kicaunya setiap hari. Namun ada sebagian orang yang pandai melihat peluang bisnis pada musim burung kala itu, salah satunya teman saya yang notabennya bukan orang yang hobi memelihara burung.

Teman saya melihat pasar burung yang sedang melonjak tajam, di sana-sini topik pembahasan yang ada hanya seputar burung peliharaan, mulai dari lovebird, kenari, dan lain sebagainya yang harganya tiba-tiba saja sangat mahal. Dia memang orang yang jeli, menyadari dirinya kurang pengetahuan dalam dunia burung, dia akhirnya mengikuti teman yang memang lebih berpengalaman dan tahu seluk beluk harga burung dan kualitasnya, dan dalam waktu beberapa hari saja, teman saya sudah mulai paham dengan kualitas burung dan harganya.

 
meme teroris penjual burung (sumber selasar.com)

Suatu ketika teman saya melihat 2 orang dari desa sedang membawa burung, dia iseng menghentikan mereka dan bertanya mengenai burung itu. Ternyata burung itu akan dijual ke pasar, dan teman saya langsung berinisiatif membelinya terlebih dahulu. Dengan sedikit cuap-cuap ala pedagang, dia berhasil memebeli burung tersebut dengan harga Rp 25.000, 00, lalu dia masukkan ke kandang dan memeliharanya untuk beberapa waktu.

Teman saya hanya mengeluarkan biaya untuk makanan burung, obat, dan vitamin dengan uang sekitar Rp 25.000, 00 saja, dengan jangka waktu sekitar 1 minggu burung itu sudah terlihat lebih baik dan kicaunya semakin keras.

Setelah siap, teman saya mengambil gambar burung itu dan mempostingnya di forum jual-beli burung, singkat cerita ada satu pembeli yang datang ke rumahnya dan tertarik dengan burung itu. Setelah negoisasi yang cukup rumit, akhirnya burung itu terjual juga dengan harga yang menurut saya sangat fantastis, burung itu dihargai dengan angka Rp 500.000, 00. Gila saja, modalnya cuma 50ribu, bisa dijual hingga 500ribu hanya berkisar dalam waktu satu minggu saja.

Salah satu rahasia suksesnya dalam mendapatkan keuntungan yang berlipat dalam bisnis burun kicau ini adalah pengetahuan mengenai kualitas, harga, dan keadaan burung. Seperti transaksi di atas, teman saya membeli burung dari orang desa yang kurang paham dengan harga dan kualitas burung yang dijualnya tersebut, jadi teman saya bisa mendapatkan harga yang sangat murah, sedangkan yang membeli burung itu dengan harga mahal adalah orang yang tahu mengenai kualitas dan harga burung, jadi dia berani membeli dengan harga yang cukup mahal.

 
sumber gambar : aduba.co

Dalam satu bulan, teman saya bisa melakukan hingga 10x transaksi yang masing-masing memiliki keuntungan minimal 2x lipat dari harga belinya, dan dalam satu bulan saja dia bisa mengumpulkan beberapa juta dari penjualan burung kicau itu. Ini adalah sebuah bisnis dimana pengetahuan anda akan membuat anda mendapatkan keuntungan, iykwim!

Wirausahakan Updated at: 10:18 PM

0 komentar:

Post a Comment