Analisa Usaha Katering Makanan Untuk Pemula

Katering atau catering atau yang biasa disebut dengan nasi kotak merupakan salah satu jenis usaha yang kini sedang menjamur dan meningkat perkembangannya, hal ini tak terlepas dari sibuknya manusia yang terkadang sampai tidak punya waktu untuk memasak sendiri.


Usaha katering berkembang karena jaman yang semakin sibuk, banyaknya perusahaan atau kantor yang memiliki banyak karyawan, serta tidak tersedianya dapur untuk memasak. Bisa anda lihat sendiri, berapa banyak kantor atau pabrik yang ada di sekitar kota anda, dan berapa banyak karyawan yang ada di dalamnya, dan itu adalah peluang usaha yang sangat prospek kalau anda jeli dalam melihat situasi ini.

Usaha nasi kotak memang sudah banyak yang menjalankannya, namun hanya sedikit yang bisa sukses dengan bisnis kuliner yang satu ini. Sebenarnya, walau sama-sama kuliner namun antara katering dengan warung nasi tetap jauh berbeda, entah itu dalam segi pemasaran maupun pelayanan karena katering biasanya melayani pemesanan dalam jumlah banyak.

Beberapa pengusaha sukses dari bidang kuliner yang satu ini, kebanyakan adalah seorang yang memiliki hoby memasak, dan dari hobinya itu bisa membuatnya menjadikan sebuah pendapatan yang melimpah. Sedangkan kebanyakan lain hanya menjadikan hobi sebagai hobi saja, tanpa menyambungkannya dengan usaha yang sebenarnya bisa dia jalankan.

Terkadang masalah utama seseorang dalam memulai usaha adalah modal, yah ini adalah alasan klasik dimana orang tidak memiliki modal usaha. Padahal kalau anda tahu, anak presiden kita (Gilang Rakabuming Raka) yang saat ini adalah pengusaha kuliner sukses, awalnya memulai usaha dengan modal pinjaman, dan dia harus berkali-kali ditolak ketika mengajukan pinjaman, jadi bukan alasan yang baik kalau kita tidak memulai usaha hanya karena modal.

Untuk memulai bisnis katering, modal 3 juta saja sudah sangat cukup untuk membeli perlengkapan, peralatan, dan bahan makanan. Tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai usaha ini, yang pasti promosi usaha dan inovasi dalam menyajikan makanan agar usaha ini cepat berkembang. Kita tahu bahwa usaha kuliner yang penting rasanya, kalau lidah pelanggan terpuaskan maka dia akan membeli lagi dan lagi, jadi jagalah kualitas rasa dan makanan tersebut.

Keuntungan usaha nasi box ini terbilang cukup menggiurkan, laba bersih yang diperoleh bisa mencapai 100% dalam satu bulan, karena nyatanya modal yang dikeluarkan jika dibandingkan dengan harga jualnya hampir setengah harga.

Di internet banyak sekali tips sukses dalam menjalankan usaha katering ini, namun dari yang saya lihat sebenarnya intinya sama, yaitu niat besar, inovasi, promosi, tekun, dan berbagai hal positif lain yang bisa membuat sebuah usaha menjadi maju dan sukses. Jika anda memiliki hobi memasak, mungkin bisnis katering ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda.

Wirausahakan Updated at: 2:26 AM

0 komentar:

Post a Comment