Inilah Daftar 15 Perusahaan Terbesar di Indonesia

Perusahaan di Indonesia jumlahnya sangat banyak, baik yang BUMN (milik negara) atau yang dimiliki oleh swasta. Dan sebagai informasi tambahan, pendapatan perusahaan-perusahaan besar ini nyatanya sangat fantastis, mencapai angka Triliunan Rupiah setiap tahunnya, dan tentu saja hal ini menambah nilai jual saham mereka di bursa efek.


Sebenarnya di daftar 2.000 perusahaan terbaik di dunia, ada sekitar 8 perusahaan asal Indonesia yang terdaftar di dalamnya, namun kali ini saya hanya akan memberikan informasi mengenai daftar ranking 15 perusahaan terbesar yang ada di Indonesia. (sumber : cermati.com)

1. BRI (Net Profit: Rp24 triliun)

2. Bank Mandiri (Net Profit: Rp20 triliun)
3. ASTRA (Net Profit: Rp19 triliun) 
4. Telkomsel (Net Profit: Rp19 triliun)
5. Pertamina (Net Profit: Rp18 triliun) 
6. BCA (Net Profit: Rp16 triliun)
7. Telkom (Net Profit: Rp14 triliun) 
8. BNI (Net Profit: Rp11 triliun)
9.HM Sampoerna (Net Profit: Rp10 triliun) 
10. Perusahaan Gas Negara (Net Profit: Rp8 triliun)
11. Unilever (Net Provit: Rp5 triliun) 
12. Gudang Garam (Net Profit: Rp5 triliun)
13. Semen Indonesia (Net Profit: Rp5 triliun) 
14. Indocement (Net Profit: Rp5 triliun)
15. Indofood (Net Profit: Rp4 triliun)

Dari daftar di atas bisa kita lihat bahwa dari sektor perbankan mayoritas mendapatkan keuntungan yang sangat besar, ada 4 bank besar yang ada (BRI, Mandiri, BCA, BNI), sedangkan dari sektor produksi diisi nama-nama besar seperti Astra, Unilever, Gudang Garam, HM Sampoerna, dan Indofood. Sisanya adalah perusahaan negara yang mengurusi hajat hidup mayoritas rakyat dari segi pertambangan dan pelayanan.

Perusahaan sukses di atas mempekerjakan banyak sekali karyawan di dalamnya, dan cabang yang hampir ada di seluruh Indonesia, walau kebanyakan pusatnya ada di Jakarta atau kota besar lainnya. Keuntungan yang didapat perusahaan ini sangatlah besar, jika ditotal semuanya sekitar 164 Triliun (bayangkan anda yang punya uang sebanyak itu, anda akan bingun mau buat apa itu duit hehehe).

BRI berada di posisi teratas dengan keuntungan paling besar, jadi ketika kemarin BRI meluncurkan satelitnya sendiri (BRIsat) yang menghabiskan dana sekitar 2,5 triliun, kita bisa berkata "ah wajar saja, pendapatan tahunan mereka hampir 10x lipatnya dari harga satelit itu".

Artikel di atas hanya sebagai tambahan informasi saja, dan semoga dengan kesuksesan perusahaan besar yang ada di Indonesia ini akan menambah semangat anda untuk berjuang dengan bisnis yang saat ini anda geluti, sukses sedang menanti anda.

Wirausahakan Updated at: 8:30 AM

0 komentar:

Post a Comment