Pilihan Usaha yang Tepat Di Sekitar Lingkungan Sekolah

Sekolah merupakan tempat belajar para siswa, mulai dari Paud, TK, SD, SMP, dan SMA semuanya memiliki jumlah murid yang terbilang cukup banyak. Asumsikan saja di SD ada 6 kelas dengan masing-masing kelas berisi 50 siswa, maka ada sekitar 300 siswa yang selalu membawa uang jajan ke sekolahan. Ini adalah peluang usaha yang cukup menjanjikan karena "pelanggan" berkumpul di satu tempat, yaitu sekolah.


Dari pengalaman saya, banyak sekali jenis usaha yang ada di sekitar lingkungan sekolah, mulai dari yang ada di dalamnya maupun yang ada di pinggir jalan di sekitar lingkungan sekolah. Hal ini membuktikan bahwa peluang bisnis terbuka lebar untuk anda. Apa saja jenis usaha yang bisa dijalankan di lingkungan sekolah? Berikut pilihan usaha yang bisa anda jalankan :

Usaha Kuliner
Untuk usaha kuliner saya rasa sudah banyak yang mengetahui jenis makanan yang cocok untuk anak sekolah, tentu saja menyesuaikan dengan anak sekolahnya. Misalnya anak SD lebih suka jajanan murah dengan berbagai rasa dan tampilan menarik, biasanya tukang cilok, cimol, dan aneka cemilan laris manis di SD. Sedangkan untuk siswa SMP dan SMA, saya rasa mereka sudah mulai dewasa dan menyukai makanan yang dewasa pula, anda bisa jualan rames, kopi, kue, dan lain sebagainya.

Usaha kuliner di lingkungan sekolah ini cukup menjanjikan, saya punya tetangga yang sudah puluhan tahun jualan di SD, omsetnya mencapai ratusan ribu tiap harinya hanya dengan jualan jajanan yang bisa dibeli di pasar. Keuntungannya berkisar antara 20-30% dari omset harian, jadi misalnya dia mendapatkan omset 500 ribu, maka paling tidak dia sudah bisa mengantongi untung 100-150 ribu, dan mereka jualan hanya dari jam 8 sampai jam 2 siang (6 jam saja).
 
Usaha Jasa
Usaha jasa lebih tepat untuk SMP dan SMA yang biasanya sudah mulai diberikan banyak tugas oleh gurunya, anda bisa membuka jasa warnet, jasa rental komputer, jasa foto copy,  kos-kosan, dan lain sebagainya untuk membantu kegiatan para siswa di sekolah.

Usaha jasa ini tidak ada matinya, selama masih ada kegiatan sekolah maka masih ada kesempatan usaha anda untuk terus berkembang dan semakin ramai. Keuntungan usaha di bidang jasa cukup menjanjikan loh, hanya modal awal untuk membeli perlengkapannya, lalu kita sewakan dan mendapatkan banyak keuntungan.

Usaha Penjualan produk sekolah
Masa-masa masuk sekolah baru adalah masa yang sangat cocok digunakan untuk mendapat banyak keuntungan, kenapa? Biasanya ada program MOS atau ospek, dan tak jarang siswa baru harus melengkapi berbagai persyaratan untuk acara itu, dan pedagang di sekitar sekolah mendapat banyak keuntungan dari acara ini.

Selain perlengkapan MOS, nyatanya penjualan produk ATK, pulsa, dan mainan masih menjadi usaha yang tepat di lingkungan sekolah. Penjualan produk seperti sebuah toko kelontong, namun dengan isi yang lebih banyak untuk anak sekolahan.

Itulah pilihan usaha yang tepat dijalankan di lingkungan sekolah, anda yang ada di sekitar sekolah bisa langsung membuka usaha tersebut, namun bagi anda yang tak punya lahan bisa mencoba dengan jualan di pinggir jalan di lingkungan sekolah, semua dimulai dari 0 bos.

Wirausahakan Updated at: 10:19 PM

0 komentar:

Post a Comment